Rabu, 25 April 2012

Laporan Praktikum Mengenai Difusi


A. Tanggal dan Tempat/Lokasi Praktikum
          Pengamatan mengenai difusi ini dilaksanakan oleh kelompok kami pada tanggal 12 agustus 2010 pada hari kamis, dan berlokasi di jalan kelapa 1 sukawayana, tepatnya di rumah Agita Safitri Putri.

B. Tujuan Praktikum
        Mengamati peristiwa difusi

C. Pendahuluan
        Proses pergerakan air di dalam sel tumbuhan dapat berlangsung secara difusi, imbibisi dan osmosis, yang merupakan transport pasif. Difusi merupakan pergerakan molekul atau ion dari suatu tempat ke tempat lain karena adanya aktivitas kinetik yang bersifat random.
          Difusi adalah perpindahan zat (gas, padat, atau cair), dengan atau tanpa melewati membran, dari daerah yang konsentrasinya tinggi ke daerah yang konsentrasinya rendah sehingga konsentrasi zat menjadi sama. Peristiwa difusi sangat penting dalam proses pengangkutan pada makhluk hidup.

D. Alat dan Bahan
*    Gelas Kimia
*    Air
*    Larutan pewarna biru
*    Pipet

E. Cara Kerja
1)    Siapkan beker gelas!
2)    Isilah dengan air!
3)    Dengan menggunakan pipet ambillah larutan pewarna biru!
4)    Teteskan ke dalam air dalam beker gelas!
5)    Amatilah terjadinya penyebaran warna dari metilen biru!

F. Hasil Pengamatan
        Pertanyaan – Pertanyaan mengenai pengamatan tersebut, adalah sebagai berikut :
1.     Apa yang terjadi dengan larutan pewarna biru pada percobaan tersebut?
2.     Hal tersebut dinamakan apa?
3.     Deskripsikan yang dimaksud dengan difusi!

        Setelah kami melakukan pengamatan,ternyata kami memperoleh hasil atau jawaban, sebagai berikut :
1.      Yang terjadi dengan larutan pewarna tersebut larut dan menyebar dalam air, dan mengalami penyebaran ke seluruh air yang ada di dalam beker gelas.
2.      Hal tersebut dinamakan difusi.
3.     Difusi adalah perpindahan zat (gas, padat, atau cair), dengan atau tanpa melewati membran, dari daerah yang konsentrasinya tinggi ke daerah yang konsentrasinya rendah sehingga konsentrasi zat menjadi sama. Peristiwa difusi sangat penting dalam proses pengangkutan pada makhluk hidup. Misalnya pada larutan pewarna biru yang menyebar ke dalam segelas air putih, dan air yang tadinya keseluruhannya berwarna putih langsung berubah menjadi warna biru seluruhnya. Itu membuktikan terjadinya peristiwa difusi di dalamnya.
       
G. Pembahasan
        Dari hasil percobaan, tujuan serta teori dari pustaka, maka kami mengetahui bahwa peristiwa difusi adalah :
          Difusi adalah peristiwa mengalirnya/berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah. Perbedaan konsentrasi yang ada pada dua larutan disebut gradien konsentrasi. Difusi akan terus terjadi hingga seluruh partikel tersebar luas secara merata atau mencapai keadaan kesetimbangan dimana perpindahan molekul tetap terjadi walaupun tidak ada perbedaan konsentrasi. Contoh yang sederhana adalah pemberian gula pada cairan teh tawar. Lambat laun cairan menjadi manis. Contoh lain adalah uap air dari cerek yang berdifusi dalam udara.Difusi yang paling sering terjadi adalah difusi molekuler. Difusi ini terjadi jika terbentuk perpindahan dari sebuah lapisan (layer) molekul yang diam dari solid atau fluida.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan difusi, yaitu:
  • Ukuran partikel. Semakin kecil ukuran partikel, semakin cepat partikel itu akan bergerak, sehinggak kecepatan difusi semakin tinggi.
  • Ketebalan membran. Semakin tebal membran, semakin lambat kecepatan difusi.
  • Luas suatu area. Semakin besar luas area, semakin cepat kecepatan difusinya.
  • Jarak. Semakin besar jarak antara dua konsentrasi, semakin lambat kecepatan difusinya.
  • Suhu. Semakin tinggi suhu, partikel mendapatkan energi untuk bergerak dengan lebih cepat. Maka, semakin cepat pula kecepatan difusinya.

H. Kesimpulan
        Jadi, peristiwa difusi yang terjadi pada percobaan di atas adalah perpindahan zat cair dari yang konsentrasinya tinggi ke yang konsentrasinya rendah. Seperti pada percobaan larutan zat pewarna dan air, zat pewarna yang memiliki konsentrasi tinggi berpindah ke air yang memiliki konsentrasi rendah sehingga zat pewarna larut ke dalam air.

 I. Daftar Pustaka
Maryati, Sri dkk. 2006. Biologi Untuk SMA Kelas XI. Penerbit Erlangga:Jakarta.

Ernawati, dkk. 2001. Penuntun Praktikum Fisiologi Tumbuhan. Universitas Negeri Jakarta:Jakarta.
www.wikipediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar